Kamis, 22 Desember 2011

Cinta Tanah Air menerut Islam

Banyak diantara kita yang tidak mengerti bagaimana mencintai tanah airnya sendiri menurut ajaran islam yang berlaku. Sampai sekarang masih banyak yang berdebat tentang cinta tanah air. baru ini ada berita tentang dua sekolah SMP Al Irsyad di Kecamatan Tawangmangu dan SD Islam Sains dan Teknologi (SD-IST) Al Albani di Kecamatan Matesih yang melarang para muridnya untuk hormat pada bendera(kutipan dari detik.com).
Liputan6.com, Karanganyar: Sekolah Dasar Al Albani Matesih dan Sekolah Menengah Pertama Al Irsyat Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, tidak mewajibkan para siswanya untuk hormat kepada merah putih. Pihak sekolah menyatakan tak pernah melarang atau mengajarkan para siswanya untuk menghormati pada bendera merah putih. Menurut Kepala SMP Al Irsyad Tawangmangu, Sutardi, menegaskan menghormati benda mati, termasuk bendera, sama halnya dengan perbuatan syirik. Gerakan hormat, dia samakan dengan gerakan i’tidal dalam salat.
Muncullah beberapa pendapat-pendapat orang tentang hormat bendera yang tidak jelas dalilnya. kalau memang hormat pada bendera merupakan perbuatan syirik kenapa baru sekarang di persoalkan. Syaikh Muhammad al-Utsaimin berkata: “Kita apabila perang hanya untuk membela Negara tidak ada bedanya dengan orang kafir yang juga perang untuk membela Negara mereka(kutipan dari). Seorang yang perang hanya untuk membela negeri saja maka dia bukanlah syahid, namun kewajiban kita sebagai muslim dan tinggal di negeri Islam adalah untuk perang karena Islam yang ada di negeri kita. Perhatikanlah baik-baik perbedaan ini, kita berperang karena Islam yang ada di negeri kita. Adapun sekadar karena negeri saja maka ini adalah niat bathil yang tidak berfaedah bagi seorang. Adapun ungkapan yang dianggap hadits “Cinta negeri termasuk keimanan” maka ini adalah dusta. Cinta Negara, apabila karena Negara tersebut adalah Negara Islam maka kita mencintainya karena Islamnya, tidak ada bedanya apakah Negara kelahiran kita ataukan Negara Islam yang jauh, maka wajib bagi kita untuk membelanya karena Negara Islam.
Kesimpulannya, seharusnya kita mengetahui bahwa niat yang benar tatkala perang adalah untuk membela Islam di negeri kita atau membela Negara kita karena Negara Islam, bukan hanya karena sekedar Negara saja”.Menurut Pendapat saya sendiri terhadap cinta tanah air boleh-boleh saja karena tidak ada hukum islam yang melarangnya sama seperti mencintai manusia, harta dan yang lainnya asalkan tidak mencintainya secara berlebihan. Dan masalah Hormat pada bendera bukan berarti kita menyembah bendera itu, Karena hormat pada bendera itu merupakan bentuk kita menghargai perjuangan para pahlawan Indonesia yang banyak diantara mereka adalah orang islam. Dari semua Kesimpulan dan Argumen tersebut dapat anda simpulkan sendiri mana yang baik menurut anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More